Rabu, 30 Desember 2009

about CSS

Cascading Style Sheets atau yang biasa disebut dengan (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan dari CSS yang biasa digunakan adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Seperti yang kita lihat bahwa CSS digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen. CSS paling sering digunakan untuk memisahkan antara isi dokumen (yang ditulis dengan HTML atau bahasa markup lainnya) dengan presentasi dokumen (yang ditulis dengan CSS). Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak keleluasaan dan kontrol terhadap tampilan, dan mengurangi kompleksitas serta pengulangan pada stuktur isi.

CSS memungkinkan halaman yang sama untuk ditampilkan dengan cara yang berbeda,maupun metode presentasi yang berbeda, seperti melalui layar, cetak, suara (sewaktu dibacakan oleh browser basis-suara atau pembaca layar), dan juga sebagai alat pembaca braille. Halaman dari HTML atau XML yang sama juga dapat ditampilkan secara berbeda, baik dari segi gaya, tampilan maupun skema warna dengan menggunakan CSS.

Selain itu ada 3 cara untuk memasang CSS pada dokumen HTML yaitu dengan External Style Sheet (file CSS berbeda dari file HTML), Internal Style Sheet (Kode CSS dipasang di dalam tag head HTML) dan Inline Style Sheet (Kode CSS langsung dipasang di tag HTML, tidak direkomendasikan).Tetaoi sebagai pemula biasanya menggunakan External Style Sheet.

CSS juga terdiri dari dua bagian utama yaitu: selector,meliputi H1 dan deklarasi yang berada diantara kurung kurawal {font-family: verdana}. Didalam deklarasi juga terbagi menjadi dua bagian yaitu property,meliputi font-family dan value yang meliputi verdana. Itulah bagian dari CSS.

Tidak ada komentar: