Jumat, 21 September 2007

Sejarah parfum

Udah sejak dulu, wewangian punya peran yang penting dlm kehidupan. Dulu, wewangian diambil dari minyak esensial tumbuhan dan kelenjar binatang2 tertentu. Kegunaan wewangian pd masa itu umumnya lbh byk digunakan sbg salah 1 unsur upacara keagamaan di Cina., Palestina, dan Mesir kuno. Lama kelamaan, kegunaan ini dipake juga untuk keperluan pribadi. Biasanya sih para bangsawan atau orang kaya aja.

Di Yunani, dimana pertama kali ditanam bunga2 yg berbau wangi, penggunaan parfum meluas. Gk sebatas anggota kerajaan pejabat negara atau orang kaya, but also rakyat jelata. Meanwhile, di Roma memakai parfum merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Sedangkan selama abad pertengahan, para tentara perang salib membawa pengetahuan tentang wewangian ke Eropa dari timur. Pada masa itu jugalah, pertama kalinya unsur binatang dimasukkan sebagai pengawet wewangian, seperti musk, ambergris, civet, dan castoreum(dari berang2). Penghasil parfum asal Italia banyak yg kemudian memilih tinggal di Paris, Prancis(setelah tahun 1500). Itulah mengapa Prancis kemudian mjd pelopor industri parfum. Setelah tahun 1500, wewangian mjd bag. yg nggak terpisahkan dari gaya hidup. Baik cwok maupun cwek mengenakan hiasan pomander atau pouncet box.

Sejak awal thn 19-an para ahli kimia telah menganalisa berbagai macam minyak esensial dan memproduksi ribuan minyak sintesis. Beberapa di antara mereka bahkan udah mulai memalsukan produk alami dari yg lain menciptakan jenis wewangian baru. Parfum pd masa ini kebanyakan adalah campuran wewangian alami dan sintesis dan tentu aj ditambahkan unsur awetan tadi untuk meningkatkan kualitas. Kandungan wewangian cair masa kini biasanya juga dicampur dgn alkohol. Sedangkan yg padat, spt kosmetik, ditambahkan unsur lemak.

Penghasil minyak wangi parfum pa2n atas adl Asia Timur dan Prancis. Beberapa negara dikenal sbg penghasil wewangian tertentu spt mis, Bulgaria dan Turki dikenal dgn attar or rose-nya, Ljazair u/ minyak geranium oils, Italia u/ minyak citrus-nya dan Inggris u/ lavender dan mint. Butik2 terkemuka Prancis umumnya memiliki parfum sendiri.

2 komentar:

Hai Guys mengatakan...

hai,yu'sri blog kamu sudah api2wae tapi koq kamu tulis sejarah parfum sich padahal k'mu sendiri gak pernah pake' parfum uhhh baukkk

Hai Guys mengatakan...

hai,yu'sri blog kamu sudah api2wae tapi koq kamu tulis sejarah parfum sich padahal k'mu sendiri gak pernah pake' parfum uhhh baukkk